Rotan dari Pesisir Pantai Barat Aceh di Pasok ke Pulau Jawa

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Rotan sebagai salah satu bahan dari berbagai kerajina yang bisa di gunakan selama ini dan banyak terdapat di Aceh kini bahan baku tersebut dipasok ke pulau jawa oleh salah satu perusahaan yang menampung rotan basah di Kabupaten Nagan Raya.

Chairul, Pengelola CV Aneka Rotan Industri Nagan Raya,kepada wartawan mengatakan rotan mentah yang diperoleh pihaknya dari warga kemudian di olah menjadi siap pakai untuk kemudian di kirim keluar pulau Sumatra yaitu ke daerah Ceribon pulau Jawa.

“yang kita beli rotan mentah nantinya bahan ini di pasok ke Ceribon,”kata Cairul

Untuk bahan mentah yang di dapatkan dari kawasan Aceh pesisir pantai Barat dariKabupaten Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Kabupaten Simeulue di olah dengan cari dipanaskan atau diproses perebusan dengan menggunakan minyak Crude Palm Oil (CPO) yang memakan waktu sekitar satu jam sebelum di cuci untuk finising agar rotan tidak membusuk.

“Setelah itu, baru dicuci menggunakan air berisi deterjen hingga bersih. Selanjutnya dilakukan penjemuran hingga kering sebelum di packing,” sebutnya.

Usaha pengolahan Rotan setengah jadi di Kabupaten Nagan Raya dikatakanya bisa penampung sedikitnya 20.000 batang rotan jenis Manau atau Deku dari empat kabupaten tersebut.

Chaitul mengharapkan kepada pemerintah, agar kedepan dikembangkan sumber daya manusia (SDM) khususnya di Nagan Raya dan di Aceh umumnya supaya dapat memproduksi usaha rotan jadi agar bahan baku yang melimpah di Aceh tidak lagi harus di pasok keluar Aceh, apa lagi ke pulau lain seperi Pulau Jawa yang kini di lakukan oleh perusahaan tersebut.

“Karena pekerjaan ini mampu menampung ribuan pekerja nantinya,” Harap Cairul.

Ia juga menambahkan agar warga nantinya dapat menjadikan pekerjaan tetap dengan pemroduksi rotan menjadi kursi, meja, dan kerajinan lainnya.[]

Penulis : Zulfikar
Editor: Redaksi

Comments
Loading...