Resmikan Gedung PSC, Dinkes Nagan Raya Upayakan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat

SUKA MAKMUE, ACEHEKPSRES.COM Dinas Kesehatan (Dinkes) Nagan Raya meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) yang berpusat di Komplek Perkantoran Suka Makmue, untuk meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Kabupaten Nagan Raya.

Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar saat diwawancarai dalam acara peresmian Gedung PSC 119, di Nagan Raya, Selasa 30 April 2019 mengatakan nantinya tim PSC akan melakukan pelayanan tanggap darurat kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan maupun hal darurat lainnya.

“Tujuannya untuk menolong masyarakat di Nagan Raya dimana selama ini tujuan PSC sendiri sebagai pelayanan tangap darurat atau call center tercepat, dimanapun ada kejadian darurat tim PSC ini siap untuk dihubungi dan siap untuk segera berada di TKP (Tempat Kejadian Perkara),”katanya.

Dikatakan Siti Zaidar, dalam tim PSC ini nantinya tergabung oleh beberapa pihak lain yang berperan terhadap penanganan darurat.

“Nantinya tim PSC ini akan menjangkau diseluruh Kabupaten Nagan Raya, karena kita kita tidak bekerja sendiri, kita bekerja sama dengan beberapa jajaran Puskesmas, Babinsa, Polantas, RAPI, PMI, BPBD dan semua pihak yang berada dalam lading sektor kegawat daruratan,”tambahnya.

Dijelaskan Siti Zaidar, personil PSC 119 Nagan Raya yang nantinya ditempatkan di gedung PSC 119 untuk bertugas terdiri dari 19 orang, yang terbagi atas 2 orang dokter umum, 11 orang perawat, 2 orang bidan, 2 orang operator radio dan ditambah 2 orang sopir yang siap siaga di markas PSC 119 dengan sistem pelayanan 24 Jam.

Selain itu, pentingnya tim tanggap darurat menurut Siti Zaidar adalah untuk meminimalisir tingkat kematian akibat tidak tersedianya tim ahli dalam penanganan hal ini.

“Dalam pelaksanaan teknisnya nanti tim PSC akan memeberikan pertolongan pertama kepada korban yang membutuhkan pertolongan darurat setelah ditangani tim PSC nanti korban akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit terdekat untuk ditangani lebih lanjut, karena selama ini banyak masyarakat kita yang meninggal ditempat karena salah posisi pengangkatan korban,”terangnya.

Dengan peresmian dan terbentuknya tim PSC 119 ini Siti Zaidar berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Nagan Raya.

“Saya berharap di bawah PSC dibawah Puskesmas maupun Rumah Sakit dapat mengatasi segala masalah dibidang kesehatan baik itu kegawat daruratan dan masalah lainnya,”ujarnya.

Dalam acara peresmian Gedung PSC 119 itu juga turut hadir Sekda Nagan Raya TR Jauhari, SE, Pejabat Unsur Forkopimda Nagan Raya, serta seluruh pejabat SKPK di Kabupaten Nagan Raya.

Untuk diketahui jika terhadi hal-hal darurat yang membutuhkan pertolongan cepat, masyarakat dapat menghubungi Call Center PSC 119 : 0822 1518 0449.[]

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...