Ratusan Personil Polisi Dikerahkan Untuk Pengamanan Pemilu 2019

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Ratusan personil aparat kepolisian akan dikerahkan untuk pengamanan pemilu 2019 di Nagan Raya.

Kapolres Nagan Raya AKBP Giyarto SH SIK melalui Kabagops M Dahlan di Nagan Raya mengatakan pihak polres Nagan Raya akan mengerahkan ratusan personil kepolisian yang juga ikut di bantu oleh personil TNI untuk pengamanan pemilu pada 17 april 2019 mendatang.

“Untuk pengamanan itu dari kita (Polres) saja 2/3 dari jumlah personil kita sekitar 294 dari BKO Polda ada 73 dan dari TNI 1/6 dari kekuatan kita,”ujarnya saat pelaksanaan gladi simulasi Dalmas (Pengendalian Massa) di Alun-alun Suka makmue, Rabu 27 Februari 2019.

Dia juga mengatakan pihak kepolisian telah melakukan pemetaan beberapa wilayah rawan konflik yakni wilayah perbatasan, terpencil dan wilayah caleg terbanyak di Nagan Raya.

“Kita lihat juga kondisi geografis kita ya, ada yang jauh ada yang dekat kebetulan juga ada yang menyeberang sungai, terutama yang arah ke Beutong karna itu jauh, juga wilayah jeuram (Kecamatan Seunagan) dan Alu Bilie (Kecamatan Darul Makmur) karena disana kan banyak caleg beda partai, dimana dengan banyak perbedaan partai itu juga akan berpotensi menimbulkan konflik,”ujarnya.

Dalam proses pengamanan pihaknya mengaku menerapkan pola 2-6-11. Dengan kata lain 2 personil mengamankan 6 TPS dan ditemani 11 personil Linmas.

“Untuk pengamanan pemilu saya rasa personil yang kita kerahkan sudah cukup, karena Aceh kan sudah aman, jadi pola seperti itu bukan hanya pola pertama diterapkan, tapi sudah untuk kesekian kalinya pemilu, karena pemilu yang lalu itu aman jadi kita laksanakan dengan pola yang sama,” pungkasnya.

Selain itu, dia juga berharap kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Nagan Raya untuk menggunakan hak pilihnya serta menjaga kemanan dalam masa pemilu ini.

“Kita berpesan kepada masyarakat gunakan hak pilihnya dan jaga keamaan itu saja, juga dukung pemerintah dan jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoax,”harapnya.

Tak hanya itu, dia juga berpesan kepada masyarakat agar dapat memilih pemimpin maupun caleg yang bisa membawa masa depan Indonesia lebih baik.

“Kita sebagai aparat TNI-POLRI itu yang jelas tetap netral, tidak ada pemikiran macam-macam, tidak main politik, kita melakukan tugas sesuai prosedur, siapapun nantinya akan muncul menjadi pimpinan akan kita dukung,”ujarnya.[]

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...