Puluhan Rumah Warga Nagan Raya Dirusak Gajah Liar

Iklan Pelantikan DPRK

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Puluhan rumah warga transmigrasi kawasan Gampong Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya dirusak gajah liar, Selasa 3 Desember  2019.

Akibat kejadian seringnya masuk gajah liar ke kawasan pemukiman tersebut membuat masyarakat setempat menjadi resah, bahkan mereka menjadi ketakutan untuk tinggal di rumah bantuan pemerintah tersebut.

Keuchik Gampong Blang Lango, Oediyantri mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, puluhan rumah warga transmigrasi yang dirusak gajah liar itu ada yang mengalami rusak parah ada rusak ringan. Menurutnya, di daerah tersebut ada 40 unit rumah transmigrasi.

Gajah liar yang diperkirakan sudah beberapa hari berkeliaran di sekitar pemukiman warga. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetapi sebagian warga terpaksa mengunsi ke Gampong tetangga untuk menghindari amukan gajah.

“Ada sekitar tujuh ekor gajah liar yang rusak puluhan rumah warga transmigrasi kawasan Gampong Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur,” kata Keuchik Blang Lango, Oediyantri.

Warga yang rumahnya dirusak gajah itu ada yang tidak harus mengunsi, tapi mereka masih tetap bisa menempati rumah tersebut. Selain merusak rumah warga, gajah liar tersebut juga telah mengobra-abrik tanaman warga di daerah itu.

“Gajah tersebut diperkirakan ada tujuh ekor yang sudah beberapa hari berkeliaran di daerah itu, sekarang sedang diupayakan pengusiran oleh tim BKSDA,” kata Oediyantri.

Menurutnya, untuk mengatasi konflik gajah liar di Nagan Raya, tim BKSDA dari pihak Provinsi telah tiba daerah Gampong Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya. tim dari BKSDA serta dibantu masyarakat setempat terus melakukan pengusiran gajah liar yang sudah beberapa hari berkeliaran di Nagan Raya.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk menindak lanjuti gangguan gajah liar di Kabupaten Nagan Raya.

“Kita sudah menindak lanjuti gangguan gajah liar di Nagan Raya dengan menurutkan tim ke lokasi, selain itu tim juga mengunakan mercun untuk mengusir gajah liar yang masuk ke pemukiman warga,” kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto.[]

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.