Polres Nagan Raya Tangkap Penjual Elpiji 3 Kg Diatas HET

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Nagan Raya menangkap dua pelaku yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan dan peniagaan gas bersubsidi 3kg di Gampong Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupate Nagan Raya, Selasa 20 November 2018.

Kapolres Nagan Raya AKBP Goyarto SH SIK melalui Kasat Narkoba Boby Putra Rahmadhan Sebayang SIK menjelasakan, kejadian dugaan tindak pidana penyalah gunaan pengangkutan dan peniagaan gas bersubsidi ukuran 3 kg (Tabung melon), sebagai mana di maksud dalam pasal 55 UU RI No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

Dalam kasus tersebut yang terlibat dua orang masing-masing berinisial, JHR (50) pekerjaan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan NR (40) IRT.

”Kejadian tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan dan peniagaan gas bersubsidi 3kg di Gampong Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir,” ujar Boby.

modus operandi mengangkut dan menjual gas bersubsidi ukuran 3 kg diatas harga Eceran tertingi (HET) dan bukan pada wilayah penjualannya.

“Polisi mengamankan barang bukti berupa 25 buah tabung elpiji bersubsidi ukuran 3 kg, satu unit mobil toyota kijang capsul No pol Bl 773 VL warna kuning metallic, uang sebanyak Rp. 675.000,” sebutBoby.

Menurunya, kejadian tersebut terjadi, Selasa 20 November 2018 sekira pukul 18.00 Wib, petugas Sat Reskrim Polres Nagan Raya yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Nagan Raya AKP Boby Putra R.S SIK mendapat informasi bahwa ada pangkalan gas bersubsidi (Pangkalan N S).

Paqngkalan tersebut yang terletak di Gampong Padang Panyang Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya sering menjual gas bersubsidi ukuran 3kg (tabung melon) bukan pada daerah tempat penjualannya dan dijual dgn harga diatas HET.

Atas perbuatan tersebut sehingga menyebabkan kelangkaan gas bersubsidi 3kg di wilayah Gampong Padang Panyang. Selanjutnya petugas Sat Reskrim Polres Nagan Raya melakukan penyelidikan dan pengintaian tentang kebenaran informasi tersebut.

sekira pukul 20.30 Wib petugas melihat satu unit mobil toyota kijang capsul No pol BL 773 VL warna kuning metalik melintas dan mirip dengan ciri ciri kenderaan pengangkut dari informasi yang di dapat.

Selanjutnya petugas langsung mengejar dan menghentikan mobil tersebut, setelah petugas memeriksa mobil tersebut, petugas melihat tabung gas isi 3 kg (tabung melon) sebanyak 25 tabung yang sudah kosong di dalam mobil.

“Setelah dilakukan introgasi di lapangan pemilik pangkalan (pelaku) mengakui bahwa tabung elpiji isi 3 kg tersebut baru saja di jual di daerah Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Nagan Raya,” ujar Kasat.

Selanjutnya petugas langsung membawa pelaku beserta mobil ke lokasi yang dimaksud tepat nya di rumah berinisial ST (37) pekerjaan IRT, warga Gampong Simpang Peut

“Dalam rumah tersebut di dapat 25 buah tabung elpiji ukuran 3 kg yang baru saja di beli dari pelaku seharga Rp.27.000 per tabungnya. Selanjutnya pelaku dan barang bukti di bawa ke polres Nagan Raya guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Kasat.[]

Penulis: Redaksi

Anda mungkin juga berminat

Comments
Loading...