Polisi Gagalkan Peredaran 100 Kg Ganja di Payakumbuh

ACEHEKSPRES.COM – Peredaran narkoba jenis ganja seberat 100 kilogram berhasil digagalkan aparat Polres Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Polisi menangkap empat pelaku di Kelurahan Ibuah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Selasa, 6 Oktober 2020 siang.

Keempat pelaku merupakan warga Kota Padang masing-masing berinisial EP, 25, DAS, 21, V, 22, dan PD, 24.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, membenarkan perihal penangkapan tersebut.

“Iya benar. Penangkapan tersebut dilakukan oleh Satnarkoba Polres Payakumbuh tadi siang dengan barang bukti 100 paket besar narkotika jenis ganja seberat lebih kurang 100 kilogram,” katanya.

Kapolres menjelaskan, sebelum penangkapan dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB tadi, tim opsnal Satnarkoba Polres Payakumbuh menghadang laju mobil Avanza warna hitam BA 1329 RZ yang dikendarai EP.

“Saat itu pelaku menerobos blokade kendaraan mobil anggota Satnarkoba dan melarikan diri ke arah kota Payakumbuh,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Kapolres, satu orang pelaku, PD, melompat turun dan mencoba melarikan diri. Namun upayanya tersebut tidak berhasil lantaran petugas dengan sigap menangkapnya.

Ucapan Berdeka Meninggal Ibunda Wabup Nara dari Pemkab Nara

Pengejaran terhadap mobil pelaku terus berlanjut. Tiba di Kelurahan Ibuah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, tiga orang pelaku turun dari mobil dan lari ke arah perumahan warga.

“Pencarian terhadap pelaku berlangsung hampir tiga jam. Dua pelaku, EP dan DAS ditangkap di sebuah rumah kosong dan satu pelaku lagi, V, ditangkap di ladang kosong saat bersembunyi,” ungkap Kapolres.

Dari pemeriksaan polisi, ganja kering didapat pelaku dari Penyabungan, Sumatera Utara dan rencana akan diantarkan ke Payakumbuh.

“Menurut pelaku dia tidak mengenal orangnya. Untuk orang yang menjemput barang tersebut masih kita dalami,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik mengatakan,

keberhasilan Polres Payakumbuh dalam mengungkap kasus narkoba itu merupakan salah satu keseriusan Polda Sumbar beserta polres jajarannya memberantas peredaran narkoba di Sumbar.

“Itu komitmen kami Polda Sumbar beserta polres-polres dalam membersihkan narkoba di Sumatera Barat, untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba,” ujarnya.[]

Sumber: Padek
Iklan Sosialisasi Covid-19 dari Pemkab Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.