Petani Kelapa Sawit Nagan Raya Ikut Sosialisasi Replenting

Iklan Pelantikan DPRK

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Perkebunan setempat melakukan sosialisasi replenting atau peremajaan kelapa sawit terhadap para pekebun tingkat Kabupaten Nagan Raya berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan Gampong Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Rabu 6 November 2019.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE dalam kesempatan itu mengatakan, hampir sebagian lahan di Kabupaten Nagan Raya didominasi perkebunan kelapa sawit, baik itu kebun rakyat maupun swasta atau perusahaan.

Kabupaten Nagan Raya juga merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam kawasan pengembangan komuniti tanaman kelapa sawit. Untuk itu, Pemkab Nagan Raya menyelenggarakan sosialisasi ini supaya masyarakat petani bisa memahami tatacara replanting atau peremajaan kelapa sawit yang baik dan benar.

“Kita menghimbau kepada seluruh stakeholders agar program besar yang dilaksanakan ini benar-benar bermamfaat terutama bagi masyarakat petani kelapa sawit dan kita mengingatkan kepada Dinas Perkebunan agar dalam verifikasi masyarakat agar tepat sasaran,” kata Bupati M Jamin Idham.

Sosialisasi replenting atau peremajaan kelapa sawit itu hadir Perwakilan Dinas Perkebunan Aceh, Forkopimda Nagan Raya, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Pimpinan Perusahaan, Para Pimpinan Bank, Camat, Ketua Forum PKS, Ketua Apkasindo, Kabid Dinas Perkebunan, Para Keuchik, Ketua Kelompok Tani dan Masyarakat Pekebun Kelapa Sawit.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya, T.Raja Pahlawan,SP mengatakan, kegiatan sosialisasi replenting atau peremajaan kelapa sawit ini dilaksanakan selama dua hari 6-7 November 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang terdiri dari Instansi terkait 15 orang, para camat 9 orang, para geuchik gampong 16 orang dan para pekebun sebanyak 40 orang.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan informasi program peremajaan kelapa sawit pekebun kepada para pemaku kepentingan, dengan harapan semua peserta dapat mengetahui mekanisme dan sistem pelaksanaan program. Diharapkan agar semua peserta dapat menyebarluaskan informasi pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit pekebun ditengah-tengah masyarakat nantinya.

“Program ini anggarannya bersumber dari Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Kementerian Keuangan. Untuk Kabupaten Nagan Raya pada tahun 2019 ini diberikan target peremajaan kelapa sawit pekebun seluas 3.224 Hektar.” Kata T.Raja Pahlawan.[]

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.