Pemkab Nagan Raya Targetkan Swasembada Ikan Air Tawar

WTP 11 Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Pemerintah Kabupaten Nagan Raya di Tahun 2019 mentargetkan swasembada ikan air tawar dengan melakukan zonasisasi perikanan sesuai dengan tipologi daerah perairan di kabupaten Nagan Raya.

Kepala Dinas Kelautan  Perikananan dan  Pangan Mohd. Nasir, SP saat monitoring kebeberapa Balai Benih Ikan (BBI) di Nagan Raya mengatakan zonasisasi perikanan tersebut dibagi kepada tiga zona, yakni kolam air deras, kolam air mengalir dan kolam air tenang, Senin 28 januari 2019.

“Zonasisasi perikanan sesuai  dengan tipologi daerah yakni Kolam air deras yang meliputi Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang  untuk budi daya ikan Kerling (Jurung), kemudian kolam beririgasi atau air mengalir yang meliputi Kecamatan Beutong, Seunagan Timur, Seunagan dan Suka Makmue untuk budidaya ikan mas dan nila  sedangkan untuk  Kecamatan Darul Makmur, Tripa Makmur, Kuala, Tadu Raya dan Kuala Pesisir itu adalah zona kolam air tenang khusus untuk budi daya ikan nila dan lele sangkuriang,”ungkapnya.

Untuk menunjang terlaksananya tiga zona tersebut lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya telah kembali mengaktifkan dua BBI, yaitu BBI Babah Krueng dan BBI Menasah Krueng di Kecamatan Beutong, dengan menyediakan 12.000.000 bernih ikan pertahunnya.

“kita telah mengaktifkan dua BBI kita yang di Babah Krueng dan di Meunasah Papeun serta dibantu oleh  4 Unit Pembenihan Rakyat ( UPR ) yang mampu menyediakan  12.000.000 benih ikan pertahun dari berbagai jenis tersebut untuk keperluan  80 Kelompok Tani yang memiliki lahan kurang lebih 400 hektar dari sepuluh kecamatan,”lanjutnya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan selama ini komoditas perikanan Kabupaten Nagan Raya telah berhasil melakukan pemasaran untuk mendukung perekonomian masyarakat dan mencapai target  swasembada perikanan.

“Hasil  ikan Nagan Raya saat ini sudah melebihi, bahkan sudah mulai dipasarkan ke Kabupaten tetangga yaitu Aceh Barat sehingga kalau untuk target swasembada, bukan lagi target yang muluk-muluk karena dengan dukungan dari pemerintah dan juga didukung oleh Sumber daya air, benih, pakan dan lahan  insyaAllah target tersebut akan tercapai,”bebernya.

Pada saat monitoring tersebut Muhammad Nasir, yang didampingi oleh Kabag Humas dan Protokol Setdakab Nagan Raya Saiful Bahri,SH serta beberapa Kepala Bidang dan Kasie terkait juga mengungkapkan sejauh ini pihak pemerintah sudah mulai membudidayakan jenis ikan lokal seperti  ikan kerling (jurung), ikan surkan (nilem)  dan ikan Surkan (Nilem) yang puluhan ekor benih ikan tersebut telah berhasil dikembang biakkan dan rencananya akan direstocking di Danau Laut Tadu di Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya. []

Iklan HUT 17 Nagan Raya

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.