Pemerintah Nagan Raya Berdayakan Hutan Kota

Iklan Pelantikan DPRK

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan memberdayakan hutan kota di Suka Makmue dalam tahun ini guna memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan terjaganya keseimbangan ekosistem linkungan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya, H. Teuku Hidayat, SE saat memaparkan Perencanaan Pra Design DED di Ruang Rapat Kantor Bappeda Nagan Raya, Suka Makmue, Selasa 3 September 2019.

“Kita perlu membangun serta menjaga hutan, dengan adanya hutan dapa memperbaiki kualitas udara, ketersedian air tanah, pelindung dari teriknya matahari, kelangsungan hidup satwa serta yang paling penting untuk mencegah penipisan lapisan ozon,” ujarnya.

Untuk pembangunan Huta Kota ini DLHK Nagan Raya akan merangkul Konsultan Perencana dari CV. Guanta Group Consultant.

Rencananya Pemerintah akan membagi hutan kota ini dalam 3 blok, yaitu blok A seluas 1,8 Ha tepatnya dibelakang Rumah Dinas Sekda Nagan Raya.

“Kemudian blok B seluas 2,2 Ha yang berlokasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Suka Makmue serta blok C mencapai 54 Ha yang berlokasi tepat dibelakang Labkesda Dinas Kesehatan, hingga ke alun-alun suka makmue, jadi total luas keseluruhan dari ketiga blok tersebut mencapai 58 Ha,”ungkap Teuku Hidayat.

Tujuan dikembangkannya hutan kota ini selain untuk ketersedian ruang terbuka hijau juga bisa menarik wisatawan, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus membuka lapangan kerja dalam rangka menurunkan angka pengangguran.

Oleh karenanya didalam hutan kota ditencanakan akan dibangun berbagai fasilitas penunjang seperti Taman Baca, Gazebo, Rumah Pohon, Jogging Track, Musolla, Toilet, Papan informasi hingga Jembatan Penyebrangan dari blok A sampai blok C.

Tak hanya itu pemerintah juga akan membangun Zona Kebun Binatang serta berbagai fasilitas lainnya agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Nagan Raya.

Acara yang berlangsung lebih kurang 2 jam tersebut ikut dihadiri oleh para kepala dinas terkait, antara lain Kadis DLHK, Kadis PUPR, kepala Bappeda, Kadiskominfotik dan Kepala Bidang serta Staf Humas dan Protokol Setdakab Nagan Raya.[]

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.