Ucapan Idhul Fitri 1440 KONI Nagan Raya

Pastikan Daging Meugang Aman Dikonsumsi, Distannak Nagan Raya Tinjau Pasar Daging

WTP 11 Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM Pemerintah Kabupaten Nagan Raya meninjau sejumlah pasar daging di Kabupaten Nagan Raya untuk memastikan bahwa daging dalam tradisi Meugang di Nagan Raya aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Kabid peternakan drh. Safridhal di Nagan Raya mengatakan pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Nagan Raya telah melakukan peninjauan pengecekan yaitu untuk memastikan bahwa daging kerbau dan sapi potong di Nagan Raya sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh masyrakat dalam hari tradisi meugang.

“Disini kita kedepankan kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet), daging yang ASUH (aman, sehat,utuh dan halal),”katanya, Kamis 2 Mei 2019.

Selain itu, peninjaun yang dilakukan itu untuk juga untuk mensurvei harga dibeberapa lokasi pasar penjualan daging di Kabupaten Nagan Raya.

“Hari ini kami meninjau beberapa pasar penjualan daging di Nagan Raya salah satunya di beutong yang hari ini sudah dilakukan penjualan daging dengan jumlah  pemotong sebanyak kerbau 30 ekor dan sapi 1 ekor, harga daging 180.000/kg,”katanya, Kamis.

Selain itu, secara terpisah ACEHEKSPRES.COM melakukan survey harga daging mentah di hari Meugang (Tradisi potong daging menjelang ramdhan) di Nagan Raya mengalami kenaikan sebesar Rp.30.000 atau jika dipersentasekan yaitu sebanyak 2%.

Pedagang Daging, Muslim (54) di Nagan Raya saat diwawancarai mengatakan kenaikan harga daging di hari meugang sudah menjadi hal yang lumrah, dimana permintaan daging oleh masyarakat di Aceh khususnya di Kabupaten Nagan Raya di hari Meugang meningkat.

“Sudah tradisi di hari meugang harga daging naik, karena harga hewan potong seperti kerbau, sapi atau domba mengalami kenaikan di hari meugang,” katanya saat di wawancari diseputaran pasar Inpress Simpang Peut, Nagan Raya, Kamis.

Dia juga mengatakan kerbau potong miliknya dengan bobot 100 kilogram pada hari meugang ditaksir dengan harga Rp. 20-25 juta.

Dikatakan Muslim, kini harga daging meugang di Nagan Raya dijual dengan harga Rp.180.000 perkilogramnya, sementara pada hari rutin lainnya pedagang menjual dengan harga Rp.150.000 perkilogram.

“Harga ini sama seperti tahun lalu, tahun lalu kami juga menjual dengan harga 180.000 rupiah juga perkilogram,”ujarnya.[]

 

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...