M Jamin Idham Sosok Bupati Peduli Pencegahan COVID-19

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM – HM. Jamin Idham Serjana Ekonomi, sosok Bupati Nagan Raya yang peduli dengan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Sejak pertama berlakunya protokol kesehatan (Prokes) di Aceh dan Nagan Raya khususnya pada April 2020. M Jamin Idham terus melakukan koordinasi dengan semuan pihak.

Selain dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nagan Raya, Bupati M Jamin Idham juga selalu mengikuti Video Converense (Vidcon) dengan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat dalam penanganan COVID-19.

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, mengikuti rapat koordinasi dengan Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo melalui video conferense (Vidcon) di Aula Bappeda setempat, Selasa, 25 Agustus 2020.

Dalam rapat tersebut, Bupati M Jamin Idham bersama Kapolres AKBP Risno,SIK Dandim Letkol Inf Guruh Tjahyono, Ketua DPRK Jonniadi,SE dan Kepala PN Suka Makmue, para Kepala SKPK terkait dan Tim Gugus Tugas penanganan COVID-19 Nagan Raya.

Rakor membahas percepatan penanganan COVID-19, terlihat dalam Vidcon seluruh kepala daerah, pimpinan perusahaan, pimpinanan Bank dan seluruh pimpinan BUMN di Aceh.

Dalam rakor itu Presiden Ir. Joko Widodo mengintruksikan agar seluruh pihak bekerja sama tetap gencar sosialisasikan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 hingga tersedianya vaksin.

Usai mengikuti rakor dengan Presiden RI, Bupati M Jamin Idham bersama Forkopimda gelar rapat evaluasi guna menindaklanjuti instruksi presiden Joko Widodo berdasarkan hasil Vidcon tersebut.

Seementara itu, peninjauan Posko Gugus Tugas Percapatan Penanganan COVID-19 di tingkat Gampong, Kecamatan dan Posko perbatasan Nagan Raya dengan Kabupaten tetangga terus dilakukan bersama Forkopimda setempat.

Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham, mengatakan, pengecekan posko gugus tugas COVID-19 ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan di masing-masing posko tersebut.

“Kita turun langsung untuk melihat persiapan posko gugus tugas di Kecamatan dalang rangka melayani laporan masyarakat tentang COVID-19 di daerah itu,” kata Bupati M Jamin Idham, Senin, 6 April 2020.

Peninjau posko Gugus Tugas Corona itu lantaran dalam guyuran hujan deras, Bupati, Dandim, Kapolres Nagan Raya dan Dinas terkait lainnya ke Posko Kecamatan Kuala Pesisir pada saat itu.

“Semua posko Gugus Tugas Percapatan Penanganan COVID-19 untuk menerima laporan masyarakat di sebuluh kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya sudah siap semua,” kata Bupati M Jamin Idham.

Selain itu, bantuan sosial untuk warga yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Nagan Raya terus mengalir mulai dari bantuan sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tanai Dana Desa (BLT-DD).

Sabanyak 7.127 paket sembako untuk warga di 222 gampong pada sepuluh Kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya yang terdampak Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham,SE mengatakan, bantuan sembako yang terdiri dari antara lain beras, telur, minyak goreng dan gula pasir guna membantu kebutuhan masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini.

“Bantuan ini diperuntukkan kepada masyarakat diluar penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan sosial program keluarga harapan (PKH), tujuannya agar bantuan yang diterima masyarakat merata,” kata Bupati, Selasa 21 April 2020.

Dalam memberikan bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menyediakan sebanyak 3.260 paket sembako, Pemerintah Aceh 1.442 paket, PT. Bank Aceh Syariah 2.000 paket.

Kemudian, perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang ada di Nagan Raya masing-masing, PT.Ujong Neubok Dalam (UND) 100 paket atau 2,5 ton, PT Socfin Indonesia Kabun Seumanyam 100 paket atau hampir 2 ton.

Seterusnya, PT Socfin Indonesia Kebun Seunagan 75 paket, PT Kallista Alam 50 paket, PT Surya Panen Subur (SPS 2) 15 paket, PT Sawit Nagan Raya Makmur 15 paket, PT Ensem Lestari 15 paket dan PT ASN Ujong Lamie 15 paket.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE kepada Camat yang berlangsung di Kantor Camat Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Selasa 21 April 2020.

“Kita berharap kepada Camat di Nagan Raya dalam membagikan bantuan tersebut agar tepat sasaran, tidak ada keributan dan persoalan waktu mendistribusikan bantuan sembako itu,” kata bupati.

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE mengatakan, pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 6.051 kepala keluarga (KK) mulai disalurkan, Selasa 12 Mei 2020.

Pembagian BST untuk warga diserahkan secara simbolis di Kantor Pos Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Selasa 12 Mei 2020.

Iklan Cuci Tanggan COVID-19 Nagan Raya

Bupati M Jamin Idham melanjutkan, Bantuan Sosial Tunai itu yang bersumber dari Kemensos RI untuk warga kurang mampu atau yang terdampak COVID-19 di wilayah Nagan Raya.

“Ya, BST dibagikan kepada 6.051 kelapa keluarga (KK) Rp.600 Ribu per bulan untuk tiga bulan,” kata Bupati M Jamin Idham.

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan Rp.600 Ribu per bulan, mulai bulan April, Mei dan Juni 2020 dengan jumlah Rp 1,8 juta per KK ini merupakan bantuan dari Kemensos RI yang disalurkan melalui Kantor Pos.

Penerima BST diluar keluarga penerima manfaat (KPM) sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bupati M Jamin Idham berharap, Bantuan Sosial Tunai untuk warga kurang mampu atau yang terdampak COVID-19 di wilayah Nagan Raya ini benar-benar diterima oleh orang yang berhak.

“Kita meminta kepada pihak terkait agar Bantuan Sosial Tunai (BST) ini diberikan tepat sasaran untuk warga Nagan Raya,” kata Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham.

M Jamin Idham, beliau menjabat Bupati Nagan Raya terpilih pada Pilkada 2017 lalu, dalam Pilkada tersebut, M. Jamin Idham berpasangan dengan H. Chalidin Oesman,SE.,MM dan mampu mengalahkan tiga kandidat lain hanya dengan satu putaran.

Sebelum menjadi Bupati Nagan Raya, sudah menjabat Wakil Bupati selama 5 tahun, tak kala pada Pilkada tahun 2012, M Jamin Idham menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) dan Drs. H.T Zulkarnaini Calon Bupati (Cabup) Nagan Raya kala itu.

M Jamin Idham ini dengan pengalaman dari Wakil Bupati selama lima tahun, sehingga beliau mencalonkan diri sebagai Bupati Nagan Raya, alhasil dalam kontestan tersebut, HM Jamin Idham meraih suara terbanyak hasil pleno Komisi Indenpenden Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya.

Meskipun hasil kemenangan tersebut berujung ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun pada Oktober 2017 pasangan HM.Jamin Idham,SE dan H.Chalidin,SE.,MM resmi dilantik oleh Gubernur Aceh Drh.H.Irwandi Yusuf,M.Si dalam rapat paripurna istimewa di ruang sidang utama Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya Komplek Perkantoran Suka Makmue.

Pria yang sukses dibidang usaha perkebunan kepala sawit itu, setelah resmi di lantik sebagai Bupati, M Jamin Idham menyusun berbagai program kerja untuk memakmurkan masyarakat dalam wilayah Kabupten Nagan Raya.

Program tersebut, tentunya tidak lepas dari visi misi HM.Jamin Idham,SE dan H.Chalidin,SE.,MM (Jadin) yang telah dipaparkan terhadap rakyat Nagan Raya ketika masa kampanye.

Dalam jangka 5 bulan setelah dilantik, M Jamin Idham bersama unsur Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan pejabat terkait lainnya, meninjau langsung wilayah Kecamatan yang membutuhkan percepatan pembangunan.

Alhamdulillah, setelah dilakukan peninjauan, daerah tersebut langsung ditangani sesuai kemampuan Anggaran Daerah.

Selain percepatan pembangunan, Bupati M Jamin Idham juga sangat peduli terhadap masyarakat kurang mampu dengan membangun rumah layak huni, serta memberikan Kartu Keluarga Sejahtera untuk masyarakat fakir dan miskin.

Selain itu kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, M Jamin Idham menoreh berbagai prestasi dari Pemerintah Pusat antara lain, Bupati M Jamin Idham menerima penghargaan dari BPJS Ketenaga Kerjaan (BPJS TK) atas dukungan program BPJS TK, Senin, 18 Maret 2019.

Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Kependudukan Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga dari BKKBN, diserahkan oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani kepada Bupati Nagan Raya M Jamin Idham di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu, 6 Juli 2019.

Kemudian, penghargaan Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada acara puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau sedunia Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kemenkes RI di Auditorium Siwabessy Gedung Prof. Sujudi Lt.2 Kemenkes RI Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.

Seterusnya Bupati Nagan Raya M Jamin Idham menerima sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek,Sp.M K, di Lapangan Sepak Bola Betun Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, 4 Oktober 2019.

Bukan hanya itu, Bupati Nagan Raya M Jamin Idham selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Nagan Raya menerima Penghargaan lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Dr Adhyaksa Dault,SH MSi, Minggu, 14 Oktober 2018.

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE juga meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  ke-12 di kantor BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Jumat, 26 Juni 2020.

Kemudian, penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI sebagai Kabupaten dengan response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020, pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Sementara itu, dalam suasana pandermi Covid-19, Bupati Nagan Raya M Jamin Idham juga terus mengabdi terhadap rakyatnya, meskipun virus corona masih mewabah di Indonesia, Aceh dan Nagan Raya beliau terus mengunjungi Gampong pedalaman untuk menyalurkan bantuan terhadap masyarakat lansia serta masyarakat yang kondisi kesehatanya memprihatinkan.

Dengan keikhlasan beliau dalam memimpin Kabupaten Nagan Raya, semoga program yang telah tertuang dalam visi misi nya dapat terwujud, mudah mudahan Kabupaten Nagan Raya terus maju dan berkembang sebagai daerah yang Baldatun Thaybatun Warabbun qhafur. Amin.[]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.