Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Aceh Selatan Tutup RSUD dan 3 Puskesmas

TAPAKTUAN, ACEHEKSPRES.COM – Bupati Aceh Selatan Tgk Amran memutuskan untuk menutup sementara Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat dan sejumlah Puskesmas di kabupaten ‘Tanah Tuan Tapa’

Penutupan tersebut dilakukan terkait meningkatnya kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Laporan terakhir 2 Agustus 2020, sebanyak 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan rincian pasien yang diisolasi 13 orang, meninggal 1 orang, dan dinyatakan sembuh sebanyak 1 orang.

Dalam surat edaran Bupati Aceh Selatan, Nomor.440/801 bertanggal 3 Agustus 2020 tersebut, berisikan tentang himbauan agar RSUD dan sejumlah Puskesmas di Kabupaten setempat agar segera dilakukan penutupan sementara.

“Mengingat ada 13 orang yang sedang di isolasi karena positif Covid-19, maka RSUD dr. Yuliddin Away, Puskesmas Samadua, Puskesmas Sawang, dan Puskesmas Ladang Tuha ditutup sementara waktu,” kata Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Senin, 3 Agustus 2020.

Menurut Bupati Amran, pelayanan Puskesmas Samadua ditutup secara keseluruhan, sedangkan Puskesmas Sawang dan Puskesmas Ladang Tuha tetap membuka Unit Gawat Darurat (UGD), namun untuk layanan rawat inap dan rawat jalan dialihkan ke Puskesmas terdekat, hal itu terhitung sejak tanggal 3 Agustus hingga tanggal 16 Agustus 2020 mendatang.

Iklan Pelantikan Gebernur Nova 2020 dari Pemkab Nara

“Sementara RSUD dr. H. Yuliddin Away penutupan dilakukan pada layanan poliklinik, kecuali Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, ruang isolasi khusus Covid-19, kamar bersalin, bedah sentral, laboratorium, radiologi, Unit Transfusi Darah (UTD), haemodialisa, dan apotek,” jelasnya.

Bupati Amran juga menghimbau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Selatan agar dapat menyampaikan kepada seluruh Puskesmas untuk melakukan perawatan pasien secara intensif di masing-masing Puskesmas rawat inap.

“Tidak merujuk pasien ke RSUDYA, jika bersifat darurat (emergency) dan memerlukan rujukan, maka segera dirujuk ke RS terdekat melalui IGD RSUDYA,” ujar Bupati Amran.

Selanjutnya, dalam surat edaran tembusan pimpinan DPRK Aceh Selatan dan Forkopimda Aceh Selatan tersebut, Bupati Amran juga menyampaikan terkait teknis dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten ‘Pala’.

“Kepada pihak terkait apat mempersiapkan langkah-langkah yang dibutuhkan dan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, para Camat agar menyampaikan kepada Keuchik untuk meneruskan informasi ini kepada masyarakat diwilayahnya,” pungkas Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran.[]

Iklan Cuci Tanggan COVID-19 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.