Ucapan Idhul Fitri 1440 KONI Nagan Raya

Jadi Kuliner Favorit, Pemkab Nagan Raya Budidayakan Ikan Kerling

WTP 11 Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Ikan Jurung atau biasa masyarakat di Aceh menyebutnya ‘Kerling’ adalah ikan yang sangat langka hidup disepanjang sungai arus deras Kabupaten Nagan Raya.

Ikan yang sangat langka atau hampir punah akibat perburuan liar yang sering dilakukan masyarakat khususnya di Aceh disebabkan oleh tidak adanya aturan pola tangkap dan waktu yang tepat yang seharusnya disepakati bersama oleh masyarakat setempat, membuat ikan ini semakin terancam keberlangsungan hidupnya.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa penyebab diantaranya ikan ini sangat unik dan mempunyai kandungan protein yang sangat baik sehingga membuat ikan tersebut menjadi suatu olahan kuliner favorit di Kabupaten Nagan Raya.

selain rasanya yang lezat dengan dibumbui aneka resep kaya rempah nusantara, harga ikan ini pun sangat fantastis sehingga menjadi dorongan yang kuat bagi masyarakat sekitar untuk memburu dan menjual kepada para penikmat kerling.

Mengingat eksistensinya itu Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan melakukan pembinaan untuk membudidayakan Ikan favorit tersebut di Kecamatan Beutong Banggalang yang kini telah berumur 3 bulan.

Muhammad Nasir Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Nagan Raya mengatakan upaya budidaya Ikan Kerling itu merupakan salah satu wujud pemerintah dalam menjaga kelestarian alam.

“Budidaya Ikan Kerling Ini merupakan tahap uji coba, kami akan terus berupaya dan memonitor perkembangan terhadap budidaya Kerling hingga berhasil maka dari itu kami mohon dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Beutong Ateuh Benggalang untuk menjaga kelestarian air dan alam sekitar Kolam demi berlangsungnya pertumbuhan ikan,”katanya saat melakukan peninjauan program budidaya Ikan Kerling bersama Bupati Nagan Raya M Jamin Idham di Beutong Ateuh Banggalang, Sabtu 29 Desember 2018 lalu.

Sejalan dengan itu Bupati Nagan Raya M Jamin Idham juga memberikan respon positif terkait program budidaya kerling yang dilakukan oleh kelompok binaan Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan tersebut.

Bupati menilai program budidaya Ikan kerling tersebut dapat memberikan keuntungan dan membangun perekonomian masyarakat setempat.

“Mohon dijaga betul-betul ini, semoga kedepannya nanti Kabupaten Nagan Raya mampu menghasilkan Kerling terbaik dan memenuhi permintaan pasar, karena Kerling ini merupakan ikan langka yang mengandung protein dan Vitamin tinggi,”ucap Bupati saat melakukan peninjauan kelompok budidaya Ikan Kerling di Kecamatan beutong Ateuh Banggalang, Sabtu.

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...