IPELMAKA Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar

MEULABOH, ACEHEKSPRES.COM Ikatan Pelajar Mahasiswa Kuala (IPELMAKA) di Meulaboh mengadakan kegiatan ziarah ke makam pahlawan nasional Teuku Umar di Gampong Meugo Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, untuk mengenang masa perjuangan pahlawan Aceh itu, Minggu 24 maret 2019.

Ketua Umum IPELMAKA, Abdul Jabar di Meulaboh mengatakan kegiatan ziarah kubur itu dilakukan untuk mengajak pemuda terutama mahasiswa mengenang kembali perjuangan Teuku Umar di masa perjuangan untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

“Kita mengajak teman-teman untuk mengenang kembali masa-masa perjuangan pahlawan nasional Aceh yaitu perjuangan seorang ulama aceh untuk mempertahankan NKRI dari ganasnya penjajahan Belanda dan Jepang dikala itu, kita tidak mau perjuangan nenek monyang kita terlupakan begitu saja,”katanya.

Menurutnya, para pemuda penting diajak untuk kembali mengingat sejarah agar tumbuh rasa kecintaan terhadap negara dimana untuk menjadikan sebuah negara butuh pengorbanan serta tumpah darah para pahlawan yang telah gugur masa itu.

“Jika sejarah benar-benar dilupakan, maka sungguh terlupakan jasa para syuhada, jasa para ulama-ulama dan jasa para pahlawan indonesia terutama pahlawan Aceh. Karena dengan perjuangan merekalah, Indonesia bisa merdeka dan bisa jaya seperti ini,”ujarnya.

Selain itu, Aktivis Perempuan Mahasiswa Nagan Raya, Nova Mandasari di Meulaboh juga menghimbau agar masyrakat terutama mahasiwa untuk terus belajar menuntut ilmu, dengan tidak melupakan sejarah dimana dengan mengingat sejarah akan menumbuhkan kesadaran untuk terus berjuang membela negara.

“Kami mengingatkan kepada semua mahasiswa dan masyarakat, jangan pernah lupa belajar sejarah perjuangan. Jika mereka tidak mengorbankan jiwa dan harta untuk merebut Indonesia, maka Indonesia mungkin sudah tiada lagi,” demikian katanya.

Selain menilik napak tilas Teuku Umar sejumlah mahasiswa itu juga melakukan do’a bersama dimakam tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Nasional tersebut.[]

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...