Ini Kerajinan Tangan Anyaman Nagan Raya di PKA 7

Iklan Pelantikan DPRK

BANDA ACEH, ACEHEKSPRES.COM– Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII bidang lomba yang memamerkan kerajinan dan ketrampilan tangan Anyaman, kontingen Nagan Raya pamerkan ‘Kupiah Meukeutop’ di Museum Aceh, Banda Aceh, Senin (13/8).

Berbagai macam anyaman tangan berjejer diatas meja pameran lomba kerajinan anyaman tangan yang dilaksanakan di Museum Aceh itu, mulai dari bentuk keranjang, mangkok, hiasan dinding, peci, kotak tisu, topi hingga yang paling kontras ‘Kupiah Meukeutop’ topi khas adat Aceh, yang dikerjakan langsung oleh pengrajin anyaman Nagan Raya.

Anyaman yang dibuat oleh dua orang pengrajin Nagan Raya Risna Puspita dan Selvicut Pitriyani dari Siswa Sekolah Menagah Atas (SMA) Negeri 2 Kuala, Nagan Raya.

Mereka membuat ‘Kupiah Meukeutop’ dari bahan dasar bambu, rotan dan benang merah yang membuat warna kupiah meukeutop Nagan Raya ‘Kontras’ diantara jejeran anyaman lainnya.

Halaina, selaku pendamping pengrajin anyaman kotingen Nagan Raya itu mengatakan alasan dari pemilihan bentuk kupiah meukeutop untuk mengenang sesosok Teuku Umar pahlawan pejuang Aceh yang mengenakan kupiah meukeutop berasal dari pantai Barat Selatan yang gugur didalam perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa silam.

“Kita pilih kupiah meukeutop ini supaya kita bisa mengenang jasa pahlawa dan generasi-generasi baru ini tau bahwa ada seorang sosok pahlawan berasal dari pantai barat selatan yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan indonesia pada masa silam,” ujarnya.

Selain dipamekan kerajinan anyaman tersebut juga dijual kepada setiap pengunjung yang tertarik untuk membeli produk hasil dari kerajinan tangan anak Aceh tersebut.[]

Penulis: Bahariandy Mahardeka
Editor: Zulfikar

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.