Ucapan Idhul Fitri 1440 KONI Nagan Raya

Hari Kesehatan Nasional, Bupati Nagan Minta Pelayanan Kesehatan Harus Islami

WTP 11 Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE meminta kepada seluruh jajaran Kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan secara islami supaya sejalan dan mendukung Visi dan Misi Pemerintahan yang dipimpinnya.

Hal itu disampaikan Bupati M Jamin Idham dalam pidatonya pada resepsi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan setempat, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Senin 12 November 2018.

“Khusus kepada pemberi pelayanan kesehatan, berikanlah pelayanan yang islami kepada seluruh masyarakat sesuai dengan visi-misi pemerintah “Agama Tapeukong Budaya Tajaga,” harapnya.

Menurut Bupati, selama ini banyak prestasi yang sudah diraih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Nagan Raya dalam memberikan pelayanan namun kedepan lebih di tingkatkan supaya pelayanan dapat menjadi islami serta bermartabat.

Selama ini Dinkes dikatakanya telah meraih program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) peringkat 21 tahun 2017 menjadi peringkat 10 di tahun 2018. Kemudian program Akreditasi dari 4 Puskesmas pada tahun 2017 (28.5%) menjadi 11 Puskesmas di tahun 2018 (78.5%).

Prestasi yang telah diraih Dinkes Nagan Raya lainya di tahun 2018 antara lain, Eliminasi kusta dapat dipertahankan dari tahun 2016 0,9/100.000 penduduk menjadi 0,6/100.000 penduduk.

Eliminasi Malaria tahun 2018. Disamping itu, Dinkes Nagan Raya juga meraih program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) peringkat 21 tahun 2017 menjadi peringkat 10 di tahun 2018. Kemudian program Akreditasi dari 4 Puskesmas pada tahun 2017 (28.5%) menjadi 11 Puskesmas di tahun 2018 (78.5%).

“Pencapaian tersebut adalah berkat kerja keras jajaran Dinas Kesehatan Nagan Raya. Atas pencapain tersebut, terus tingkatkan kinerja dalam menghadapi tantangan kesehatan yang terus berkembang untuk mencapai Nagan Raya Sehat,” ujar Bupati Nagan Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar, S.ST kepada wartawan mengatakan, Dinkes Nagan Raya terus melakukan upaya pembenahan dan peningkatan mutu terhadap pelayanan kesehatan di lingkup setempat. Proses tersebut meliputi Akreditasi terhadap 7 Puskesmas di tahun 2018, kita hanya menunggu keluar hasilnya saja.

“Manfaat Akreditasi adalah sistem pelayanan kesehatan akan sesuai dengan standar nasional nantinya,” jelas Siti Zaidar.

Terkait dengan penyakit penderita gangguan jiwa hingga kini belum kita temukan lagi di lapangan.

“Karena beberapa waktu lalu, karena bapak bupati langsung yang melakukan pembebasan pasung terhadap penderita gangguan jiwa di Nagan Raya beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan Dinkes Nagan Raya hingga kini terus melakukan penyuluhan terhadap penyakit-penyakit menular seperti TB dengan menyebarkan selebaran“etika batuk secara islami”.

“Tahun 2018, untuk kasus kematian ibu kita mampu menekan dari angka 7 menjadi 1 orang hingga awal November,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya, Siti Zaidar.[]

Penulis : Zulfikar
Editor: Redaksi

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...