Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari BPKD Bireuen
Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari Dinas PUPR Bireuen
Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari DPMGGPKB Bireuen

Gubernur Aceh Nova Iriansyah Tinjau PLTA Aceh Tengah

Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari BKPSDM Bireuen

BANDA ACEH, ACEHEKSPRES.COM – Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah,MT melakukan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Krueng Peusangan 1 dan 2 Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu malam, 16 Januari 2021.

Gubernur Nova didampingi Asisten II Sekda Aceh, Ir. Mawardi dan Kepala Dinas ESDM Mahdinur melihat langsung proyek pembangunan PLTA yang besarnya daya direncanakan 88 Megawatt.

PLTA Peusangan masuk dalam interkoneksi jaringan Sumatera. Nova berharap pembangkit listrik tersebut bisa memberikan kontribusi atas kecukupan kebutuhan daya listrik di Aceh.

Iklan HPN 2021 dari Pemkab Abdya

“Setahu saya transmisinya juga sudah mendukung. Biasanya tidak cukup pembangkit saja, ketersediaan dan kecukupan transmisi untuk mengalirkan listrik juga harus dipenuhi,” kata Nova.

Nova berharap proyek PLTA tersebut bisa segera diselesaikan. Dengan itu kebutuhan daya listrik di Aceh bisa terpenuhi dalam waktu tidak terlalu lama bahkan surplus. Hal itu diperlukan untuk mengantisipasi masuknya investasi dan industri yang lebih besar di masa depan ke seluruh Aceh.

Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari Kabag Umum Bireuen

“Doa saya, doa kami semua agar proyek ini bisa segera diselesaikan,” kata Nova.

Untuk diketahui, PLTA Peusangan Aceh Tengah merupakan proyek lama yang sudah dikerjakan sejak tahun 1998 lalu, namun pengerjaannya terhenti karena konflik Aceh.

Gempa dahsyat dan tsunami yang terjadi di Aceh pada akhir tahun 2004 silam juga membuat teknis pembangunan PLTA ini sempat dikaji ulang. Baru pada 2011 proses pembangunannya dilanjutkan.

Pengerjaan fisik proyek PLTA Peusangan 1 dan 2 ini dikerjakan oleh Hyundai dari Korea Selatan bekerjasama dengan Pembangunan Perumahan (PP).

Dana untuk pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 88 Mega Watt (MW), 80 persen merupakan pinjaman dari Jepang serta 20 persen dari PT PLN (Persero).

Kunjungan kerja ke PLTA Peusangan, Nova didampingi langsung oleh General Manager PT. PLN UIP Pembangkit Sumatera, Weddy B. Sudirman, GM PLN Aceh Jefri Rosiadi dan pihak Hyundai Korea. Nova juga didampingi langsung Bupati Aceh Tengah, Asisten II Sekda Aceh dan Kadis ESDM Aceh. []

Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari Dinkes Bireuen
Anda mungkin juga berminat
Iklan Pelantikan Sekda Bireuen 2021 dari Dinas Pertanian Bireuen
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.