Gampong Ujong Sikuneng Punya BUMG Kebun Kelapa Sawit

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Gampong Ujong Sikuneng, Kecamatan Kuala, Nagan Raya manfaatkan lahan perkebunan Kelapa Sawit sebagai Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) seluas 5 Ha yang diperoleh melalui Dana Desa (DD) Tahun 2018.

Pemanfaatan DD itu merupakan hasil kesepakatan bersama pada musrembang tahun 2018 lalu yang telah disetujui oleh seluruh masyarakat di Gampong setempat.

“Berdasarkan hasil kesepakatan bersama aparatur desa dan seluruh masyarakat untuk memiliki Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) kita menggunakan dana desa untuk membeli lahan seluas 5 Hektar di tiga titik lokasi seputar Gampong , yang sekarang kita tanam Kelapa Sawit,” kata Keuchik Gampong Ujong Sikuneng Bustanul Afriansyah kepada ACEHEKSPRES.COM, Jum’at 4 Januari 2019.

Pemerintah Gampong setempat sudah memulai proyek pengelolaan tanaman kelapa sawit itu sejak tahun 2018 dan kini sedang menunggu masa produktif.

“Sekarang pohon kelapa sawitnya masih menunggu masa produktif, sambil menunggu sawitnya berbuah, masyarakat kita memanfaatkan lahan itu untuk bercocok tanam,” sambungnya.

Dia juga berharap lahan itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Gampong setempat, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi pendapatan murni gampong.

“Kita berharap dengan lahan itu, masyarakat kita khususnya fakir miskin setidaknya bisa terbantu, dan gampong kita bisa mandiri, hasilnya itu nanti kita masukkan ke kas Gampong,”katanya.

Bersamaan dengan itu, menurut pantauan penulis, beberapa orang petani terlihat telah menggarap lahan BUMG tersebut untuk bercocok tanam  beberapa jenis tanaman sayur disela-sela tanaman kelapa sawit remaja.

“Alhamdullah kami masyarakat disini sekarang memanfaatkan lahan ini untuk berkebun, kami tanam sayur-sayuran, papaya, macam-macam lah, ya setidaknya hasil dari ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kami,” ujar Tarmizi (34) salah seorang warga desa setempat yang memanfaatkan lahan milik Desa tersebut, Jum’at 4 Januari 2019 sore.[]

Penulis: Bahariandy Mahardeka

Comments
Loading...