Festival Kuliner PKA, Nagan Raya Pamerkan ‘Gulee’ Kerling

Iklan Pelantikan DPRK

BANDA ACEH, ACEHEKSPRES.COM– Pada Festival kuliner Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII tahun 2018 di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh, Nagan Raya pamerkan masakan gulee Kerling Asam Keu’eung, Selasa 7 Agustus 2018.

Adapun cita rasa asam pedas itu meliputi Gulee Asam Keu’eung Kerling (gulai asam pedas dengan bahan utamanya ikan air tawar masheer), Gulee jruek drien (gulai dengan bahan utama durian yang difermentasi).

Gulee eumpeuk seunge (gulai dengan bahan talas) dan Gulee limbek tumis (Gulai Tumisan Lele) yang menjadi andalan kuliner khas Kabupaten Nagan Raya di pameran kuliner PKA.

Selain gulai, Nagan Raya juga memamerkan menu makan khas daerah lainnya yaitu, Cicah reubong Beutong (Sambal dengan bahan utama rebung muda khas Beutong), Engkot tho (Ikan air tawar yang dikeringkan) Boh itek jruek (telur asin khas Nagan Raya) dan Bu Kulah (Nasi yang dibungkus denga daun pisang yang dilayukan).

Nur Simah S.Pd selaku ketua panitia festival kuliner mengatakan makanan khas tersebut adalah hasil produk kuliner Kabupaten Nagan Raya. “Ini semua makanan khas kita Nagan Raya,” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nagan Raya Hj. Marwati Ibnu Ali yang hadir kelokasi ikut mencicipi langsung makanan khas daerahnya.

Dalam kesempatan itu, Istri Bupati, Hj. Marwati Ibnu Ali mengatakan, pihaknya berharap dengan dipamerkan kuliner khas daerah tersebut dapat memperkenalkan kuliner khas Nagan Raya ketingkat nasional, bahkan internasional sehingga produk khas daerah dapat membangun Nagan Raya disektor pariwisata.

“Kita berharap makanan khas kita ini terkenal ditingkat nasional bahkan internasional, dan ini juga dapat membangun Nagan Raya disektor pariwisata,” ujarnya.

Acara festival kuliner PKA VII tersebut berlangsung meriah dengan dibuka oleh istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati di lokasi itu, acara itu juga dihadiri oleh Darwati A Gani selaku ketua TP PKK Aceh.[]

Penulis: Bahariandy Mahardeka
Editor: Redaksi

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.