Disdik Nagan Raya Target Tingkatkan Guru PPG di Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dalam sektor Dinas Pendidikan (Disdik) Nagan Raya pada tahun 2019 menargetkan guru di Nagan Raya  memperoleh Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Nagan Raya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya, Dr. Harbiah Gani, M. Pd saat jumpa pers bersama sejumlah wartawan, di Warung Bang Par Kupi, Gampong Blang Muko, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Rabu 1 Mei 2019.

“Sistem sekarang guru itu harus punya sertifikasi atau dikenal dengan PPG (Pendidikan Profesi Guru), harus PPG dulu, jadi guru kami di Nagan Raya hampir 500 orang belum PPG, jika belum PPG maka sekolahnya itu akan sulit untuk diakreditasi,”katanya.

Harbiah mengatakan pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya akan memprioritaskan dana Otsus (Otonomi Khusus) untuk mendukung sejumlah guru di Kabupaten Nagan Raya agar dapat memperoleh PPG tersebut.

“Jadi tahun ini kami prioritaskan dari Otsus 16 miliyar itu, hampir 3 miliyarnya kita prioritaskan untuk PPG guru,”lanjutnya.

Sejauh ini Dinas Pendidikan mencatat hanya  800 orang guru di Nagan Raya yang telah memperoleh PPG dari total keseluruhan sebanyak 2500 orang guru.

“Masih sangat banyak guru kita yang belum PPG bahkan kepala sekolah juga sangat banyak belum bersertifikasi, jadi jangan terkejut jika nantinya ada pemerataan guru, bukan ada unsur ini, itu, kita hanya ingin menyesuaikan dengan peraturan,”ungkapnya.

Selain itu setelah peringatan Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) dikatakannya, pemerintah akan melakukan pemerataan sejumlah guru dan kepala sekolah di Kabupaten Nagan Raya.

“Selama ini kita telah deteksi permasalahan dulu, setelah hardiknas nanti kita bismillah terus, para pemegang kebijakan ini nantinya yang akan mengatur yang mana yang lebih darurat, guru, kepala sekolah, pengawas, atau sekaligus,”demikian ujarnya. []

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...