Dinsos Aceh Selatan Gelar Mitigasi Bencana

TAPAKTUAN, ACEHEKSPRES.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan mitigasi bencana Tagana Masuk Sekolah di Kecamatan Kluet Selatan, kabupaten setempat.

Pelaksanaan tersebut merupakan kegiatan tahap pra bencana. Tujuannya untuk memberikan pemahaman dan pelajaran kepada anak-anak tentang bencana sejak usia dini oleh relawan Tagana Aceh Selatan.

Kegiatan yang digelar dimasa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak, sehingga diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona.

Ketua Tagana Aceh Selatan, Adam mengatakan, untuk tahap pertama di tahun 2020, pergelaran kegiatan Tagana Masuk Sekolah hanya dilaksanakan di 1 kecamatan, kemudian akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang.

Iklan Cuci Tanggan COVID-19 Nagan Raya

“Tahap pertama kita laksanakan kegiatan ini di 1 kecamatan dulu dan tahun depan secara bertahap akan kita lanjutkan di kecamatan lain,” ujar Adam, Kamis, 12 November 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh Selatan, Zubir Efendi S.PT menyampaikan, kegiatan TMS sangat penting dilaksanakan, mengingat edaran Kementerian Sosial (Kemensos) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

“Mengingat edaran Kemensos dan Kemendikbud Nomor 4 tahun 2019 dan Nomor 1 tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan pada satuan pendidikan melalui program TMS, kita berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh agar semua siswa paham ketika bencana datang,” kata Zubir.

Fokus kegiatan ini diajarkan pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Kluet Selatan yang meliputi SDN 1 Kandang, SDN 2 Kandang, SDN 3 Kandang, SDN 4 Kandang ,SDN Kampung Kapeh, SDN Ujung Padang, SDN Indra Damai, SDN Utama, SDN Kedai Rundeng, dan SDN Geulumbuk.

Kegiatan TMS ini hadir perwakilan dari Pengurus Forum Kordinasi Tagana Aceh, Wakil Ketua II FK Tagana Aceh, Yasri Gusman, Kabid Perlindungan dan Jamsos Dinsos Aceh Selatan, Jufrizal, anggota Tagana Abdya, dan Relawan Tagana Aceh Selatan.[]

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.