Dinas Pendidikan Nagan Raya Seleksi Calon Kepala Sekolah

Iklan Pelantikan DPRK

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya melakukan seleksi para calon kepala Sekolah Dasar (SD) dan Kepala Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang berlangsung di Aula Kemenag setempat di Suka Makmue, Kamis 31 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya Dr. Harbiah Gani, M.Pd, mengatakan, seleksi kepala sekolah itu dilakukan guna mengisi beberapa jabatan yang kosong di SD dan SMP di Nagan Raya.

“Kita punya 178 sekolah, yang sudah punya Nomor unik Kepala Sekolah (NUKS) hanya 73 sekolah, sementara yang belum mempunyai nomor unik 105 sekolah, maka dari itu demi meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai standarnya kami menggelar seleksi kepala sekolah,” kata Harbiah.

Harbiah juga menjelaskan, dari 181 orang calon kepala sekolah yang mendaftar kini hanya 74 orang lulus administrasi dan lanjut untuk mengikuti tes selanjutnya.

“Sementara yang kita butuhkan itu 106 orang, jadi kita masih banyak butuh kepala sekolah yang memenuhi persyaratannya,”ujarnya.

Dijelaskannya lagi, persyaratan untuk lulus administrasi calon kepala sekolah itu diantaranya, Pendidikan Sarjana, sudah bersetifikat pendidik, pangkat minimal 3C, Usia maksimal 55 tahun dan tidak pernah punya riwayat melanggar hukum.

“Harapan kita semua peserta ini lulus ya, karena secara jumlah kita masih jauh dari harapan, malah jika kita bandingkan dengan kabupaten lain, mereka malah punya penggantinya, sementara kita jangankan pengganti, yang punya nomor UNKS kepala sekolah aja kurang,” jelasnya

Tambah Harbiah, jika ditahun 2020 masih banyak kepala sekolah yang tidak punya NUKS terancam pinalti atau hukuman diantaranya tidak mendapatkan dana BOS, tidak bisa menandatangani rapor dan ijazah, dan tidak dapat bantuan dana DAK.

“Yang paling sedih kalau kepala sekolah kita belum punya NUKS, guru sertifikasi yang ada di sekolah-nya itu tidak diakui,”sebutnya.

Dengan kegiatan seleksi calon kepala sekolah itu diharapkan dan membantu meningkatkan mutu pendidikan SD dan SMP di Nagan Raya.[]

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.