BNPB Tunjuk 5 Gampong di Abdya Sebagai Pilot Project Destana

BLANGPIDIE, ACEHEKSPRES.COM – Bandan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tunjuk lima gampong di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai Desa Tangguh Bencana (Desatana).

Kelima gampong yang telah ditunjuk tersebut berada di pesisir pantai, sehingga siap dan diharapkan bisa diandalkan menjadi pilot project untuk gampong lain di kecamatan setempat.

Hal itu disampaikan Camat Susoh, H. Zulfan pada Focus Grup Discution Penilaian Ketangguhan Desa (FGD-PKD) di Aula Kantor Keuchiek Gampong Kedai Palak Kerambil, Kecamatan Susoh.

“Kami sangat berterimakasih kepada BNPB yang telah menunjukkan 5 Gampong di Kecamatan Susoh atas penetapan sebagai Gampong Ekpedisi Destana, yang salah satunya Gampong Kedai Palak Kerambil,” ucap Zulfan.

Ia juga berharap, kepada semua Keuchik Gampong yang telah ditunjuk sebagai gampong Destana bisa mempertahankan posisi itu.

Iklan Pelantikan Gebernur Nova 2020 dari Pemkab Nara

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat terhadap gampong kita, dan kita harus bisa memampatkan peluang ini,” kata Zulfan.

Pada acara FGD yang difasilatasi oleh Redha Yusdar, S.Km selaku Fasilitator Desa (Fasdes) itu, Keuchik Gampong Kedai Palak Kerambil, Bainuddin mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Destana yang di pelopori oleh Letnan Jendral Doni Monardo Kepala BNPB.

“Kami atas nama pemerintah gampong dan seluruh masyarakat siap mendukung setiap kegiatan yang dilakukan dalam program Ekspedisi Detana ini,” kata Bainuddin.

Ia juga memaparkan, bahwa Gampong Kedai Palak Kerambil bukan merupakan gampong rawan gempa tsunami saja namun juga rawan abrasi.

“Gampong kita ini juga rawan abrasi pantai, setiap tahun bencana abrasi selalu terjadi, sehingga menyebabkan rumah penduduk rusak dan ambruk diterjang ombak besar. Kita minta BNPB pusat dapat mencari dan menemukan solusinya,” pungkas Keuchik.[]

Iklan Cuci Tanggan COVID-19 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.