BMKG: Sebagian Wilayah Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Ringan Hingga Lebat

Iklan Pelantikan DPRK

BANDA ACEH, ACEHEKSPRES.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini sebagian wilayah Aceh diperkirakan akan diguyur hujan sejak 14-16 Juli 2019.

Menurut laporan BMKG, pada hari Minggu (14/7/2019), hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan sekitarnya.

Sementara pada hari Senin (15/7/2019), BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Aceh Utara, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Langsa, dan sekitarnya.

BMKG juga merilis potensi cuaca ekstrim akan terjadi di wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, dan sekitarnya pada Selasa (16/7/2019).

Selain hujan, BMKG Aceh mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah perairan Aceh atas potensi terjadinya gelombang tinggi untuk tiga hari ke depan.

Potensi terjadi angin kencang dan gelombang tinggi air laut hingga 4 meter antara lain di perairan Sabang – Banda Aceh, Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan sekitarnya.

“Kita mengimbau nelayan untuk berhati-hati dan memperhatikan risiko keselamatan pelayaran.,” ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Zakaria Ahmad, Minggu (14/7) di Banda Aceh.

Sedangkan Masyarakat yang berdomisili dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat juga diminta waspada.

“Jika terjadi gelombang tinggi, segera berlari menjauh ke tempat yang lebih tinggi dan aman.”katanya.

Iklan Ucapan Selamat DPRK dari PT Socfindo Seumanyam
Anda mungkin juga berminat

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.