Iklan HUT RI ke 75 dari Pemkab Nara

Beasiswa Guru Mengabdi Menuju ‘Subulussalam Kota Santri’

SUBULUSSALAM, ACEHEKPRES.COM – Pemberian beasiswa mahasiswa untuk meraih sarjana strata satu (S1) bagi para guru, selama ini mengabdi di pondok pesantren (ponpes)/ dayah se-Kota Subulussalam salah satu upaya mewujudkan ‘Subulussalam Kota Santri’

Itu merupakan salah satu visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam (Affan Bintang – Salmaza).

Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam, Jaminuddin B, S.PdI kepada Acehekpres mengatakan, diminta Wali Kota H. Affan Alfian Bintang menentukan format dan aturan beasiswa itu, bersama jajaran MPD pihaknya pun menggelar musyawarah pada 29 Juli 2020.

“Teknis pemberian beasiswa berupa SPP gratis untuk delapan semester. Semasa kuliah, tetap sebagai guru mengabdi dan pasca meraih S1 menjadi guru tetap minimal selama sepuluh tahun di pondok pesantren yang sama,” kata Jaminuddin, melalui rilisnya, Kamis, 13 Agustus 2020.

Ditegaskan, guru mengabdi disusul menjadi guru tetap di ponpes yang sama karena rekomendasi untuk menerima beasiswa dari Pimpinan Ponpes. Sebagai konsekuensinya, minimal dalam jangka sepuluh tahun ke depan, Pimpinan Ponpes tidak memberhentikan yang bersangkutan berstatus sebagai ‘Guru Ponpes Tetap’.

Menurut Jaminuddin B yang periode kedua memimpin MPD Kota Subulussalam, dukungan MPD terhadap visi dan misi kepala daerah di sana bukan sebatas rethorika.

Ucapan Berdeka Meninggal Ibunda Wabup Nara dari Pemkab Nara

“Kita sudah gandeng pihak Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri (STIT Hafas) Kota Subulussalam untuk bekerjasama mencetak tenaga pendidik handal di bidangnya,”bujar Jamin.

Dikatakan, inisiatif MPD menggandeng STIT Hafas yang diketuai DR. Musriaparto Bancin untuk mencetak tenaga pendidik handal berstrata satu ini demi mendongkrak kualitas pendidikan.

Dua pihak, MPD dan STIT Hafas menandatangani nota kerjasama/Memorandum of Understanding (MoU) per 10 Agustus 2020.

Direncanakan perkuliahan dimulai tahun ini dan diharapkan 60-an guru mengabdi tersebar di 27 Ponpesdok/Dayah se-Kota Subulussalam bisa mendapatkan kesempatan ini, meski bertahap.

Namun, pihaknya masih harus mengadakan pertemuan dengan semua unsur Pimpinan Ponpes/Dayah untuk penandatanganan fakta integritas sekaligus surat pernyataan calon mahasiswa (guru mengabdi)

‘Menyelesaikan Program S1 di STIT Hafas’. Jamin berharap dukungan dan kerjasama semua Pimpinan Ponpes, tak kecuali stake holder terkait untuk mewujudkan program ini. []

Iklan Sosialisasi Covid-19 dari Pemkab Nagan Raya
Iklan HUT ACEHEKSPRES.COM ke 2 dari Kadis PUPR NR Adi Martha
Anda mungkin juga berminat
Iklan HUT ACEHEKSPRES.COM ke 2 dari Direktur RSUD SIM Nara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.