ASN Nagan Raya Ikut Sosialisasi Tingkatkan Pemahaman HAM

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mengikuti sosialisasi tentang meningkatan pemahaman terhadap nilai Hak Asasi Manusia (HAM) di Aula Sekdakab setempat Komplek Perkantoran Suka Makmue, Rabu 05 Desember 2018.

Menurut Ketua Panitia Nasruddin,SH yang juga menjabat sebagai Kabag Hukum Setdakab Nagan Raya, dalam laporannya kegiatan bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) di kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan itu sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor 34 tahun 2016 tentang kriteria daerah kabupaten/kota peduli hak asasi manusia.

Acara dihadiri peserta dari Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) itu dibuka Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Nagan Raya, Said Azman, SH.

Dalam pembukaan Ia berpesan agar seluruh peserta yang berhadir serius dalam mengikuti kegiatan tersebut mengingat hak-hak asasi merupakan kewajiban pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakannya.

“Mengingat hak-hak asasi merupakan kewajiban kita bersama, pemerintah dan seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakannya, maka melalui bimbingan teknis hak asasi manusia di kabupaten Nagan Raya berharap agar peserta serius dalam mengikuti sosialisasi itu karena kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dalam rangka pemenuhan, penghormatan, pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Nagan Raya,” ungkapnya.

Mengingat adanya kesalah pahaman mengenai HAM dan tingginya tingkat kekerasan kepada anak Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Zulfika,SH sekaligus pemateri dalam kegiatan itu mengatakan bahwa pemahaman tentang HAM harus diberikan kepada seluruh masyarakat terutama kepada PNS/ASN yang selama ini menjadi contoh teladan bagi masyarakat.

“Ini menjadi tanggung jawab kita, dimana kita ini ASN menjadi contoh teladan bagi masyarkat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang HAM, atau kalau dalam islam itu dikatakan sebagai dakwah, baik dengan perbuatan maupun lisan,” ujarnya dalam memberikan materi.

Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh Kanwil Menkumham Aceh Hasbalah S.Ag, SH,MH yang juga menajadi salah satu pemateri dalam kegiatan itu.[]

Penulis: Bahariandy Mahadeka
Editor: Redaksi

Anda mungkin juga berminat

Comments
Loading...