Ucapan Idhul Fitri 1440 KONI Nagan Raya

Antisipasi Kanker Serviks, PKK Nagan Raya Gratiskan Tes IVA

WTP 11 Nagan Raya

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM  Dalam mengantisipasi inveksi Kanker Serviks Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Nagan Raya menggelar kegiatan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) gratis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cot Kuta, Kecamatan SUka Makmue, Nagan Raya, Senin 24 Desember 2018.

Tes IVA tersebut dilakukan kepada 60 wanita perwakilan dari setiap kecamatan di Nagan Raya yang ditangani langsung oleh Dokter Kandungan, Elicia perwakilan IBI dan beberapa bidan senior di Nagan Raya.

“Hari ini (Senin) dalam rangka memperingati hari Ibu kami mengundang 60 wanita dari setiap kecamatan di nagan raya untuk di tes IVA gratis yang langsung ditangani dokter Elicia yang ahli dibidangnya serta bidan-bidan senior lain yang sudah dilatih dalam penanganan ini,” ujar Hj Marwati Ibnu Ali Ketua TP-PKK Nagan Raya dalam sambutannya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat didaerah setempat dan mencegah adanya infeksi kanker serviks.

“mudah-mudahan dengan adanya IVA tes ini, wanita-wanita diseluruh Nagan Raya ini terbebas dari Kanker Serviks,” tambahnya.

Dalam kesempatan lain, Dinkes Nagan Raya mencatat ada seorang warga di daerah kabupaten Nagan Raya yang terinveksi Kanker Serviks sepanjang tahun 2018, hal itu dikatakan oleh Hj Siti Zaidar,S STP Kepala Dinkes Nagan Raya dalam kegiatan tersebut.

“Sepanjang tahun 2018 ini ada 1 orang warga kita yang tidak boleh saya sebutkan namanya udah kena Kanker Serviks dan sekarang udah dalam penanganan medis di Kota Banda Aceh,”ujarnya.

Selain Tes IVA, peserta juga diberikan pengetahuan dan diskusi mengenai bagamana cara menjaga kesehatan rahim bagi wanita dan mengantisipasi penyakit kanker serviks tersebut.[]

Penulis: Redaksi

Iklan HUT 17 Nagan Raya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...