Ade Sidratul Aminsyah Asal Nagan Raya Raih Juara 1 Olimpiade Nasional

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM– Ade Sidratul Aminsyah (18), putra asli Kabupatan Nagan Raya berhasil meraih Juara I Olimpiade tingkat Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu 3 November 2018.

Ade Sidratul Aminsyah adalah Siswa/Santri Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar. Mewakili Provinsi Aceh di ajang Olimpiade Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia tingkat SMA dan Sederajat tahun 2018.

Ia meraih Juara pertama di kategori Madrasah Aliyah Swasta se-Indonesia, sedangkan juara II jatuh perwakilan dari Suka Bumi, Provinsi Jawa Barat, sedangkan Juara III diambil oleh perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah.

Ade Sidratul Aminsyah (18), putra asli Kabupatan Nagan Raya berhasil meraih Juara I Olimpiade tingkat Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu 3 November 2018. [Foto Isti]
Even yang digelar oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Se-Indonesia ini dilaksanakan di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mulai 1 s/d 3 November 2018.

Ade nama panggilan Ade Sidratul Aminsyah, adalah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Adnan,S.Pd guru pegawai negeri sipil (PNS) Sekolah Dasar (SD) dan Tuti Alawiyah, S.Pd guru pegawai negeri sipil (PNS) Sekolah Dasar (SD)

Remaja berkulit hitam manis ini berasal dari daerah pedalaman yaitu Gampong Blang Luah, Kecamatan Darul Makmur Nagan Raya.

Berasal dari daerah pedalaman sering kali dijadikan alasan kebanyakan orang untuk tidak bersamangat dalam meraih cita-cita setinggi langit dan memiliki pendidikan tinggi. Namun hal ini tidak berlaku bagi siswa berusia 18 tahun ini.

Ade Sidratul Aminsyah (18), putra asli Kabupatan Nagan menerima Juara I Olimpiade tingkat Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu 3 November 2018. [Foto Isti]
Meskipun Ade berasal dari daerah pedalaman di Kabupaten Nagan Raya, tidak membuatnya patah arang untuk belajar bahasa arab dan berhasil meraih prestasi sampai ke tingkat Nasional.

“Keberhasilan saya meraih juara I tingkat nasional ini adalah berkat karunia Allah SWT dan dukungan sepenuhnya kedua orang tua saya yang juga seorang guru yang selalu berpesan belajar dengan tekun dan serius jika ingin menjadi sukses,” kata Ade Sidratul Aminsyah, Sabtu 3 November 2018.

Disamping itu bimbingan dari guru-guru nya di pesantren juga merupakan salah satu faktor utama dalam meraih juara I Olimpiade tingkat Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia.

Remaja yang punya hobbi membaca dan olahraga ini, mengaku sangat gemar dengan pelajaran Bahasa Arab, karena dia mempunyai keinginan, setelah selesai pendidikan Tingkat Atas di Oemar Diyan nanti, sangat berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Karena, menurut alumni SD Alue Beuriyeung Gampong Alue Bateung Brok Kecamatan Darul Makmur Nagan Raya ini, syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di sana adalah bisa berbicara Bahasa Arab secara aktif.

Ade Sidratul Aminsyah (18), putra asli Kabupatan Nagan Raya foto bersama setelah berhasil meraih Juara I Olimpiade tingkat Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu 3 November 2018. [Foto Isti]
Di pesantrennya, Ade tercatat siswa cerdas dan pandai bergaul dengan teman-temannya, buktinya sejak kelas 1 Madrasah Tsanawiyah hingga kelas III Madrasah Aliyah, Ade tidak pernah terlempar dari Rangking I dan II di kelasnya, dan dia selalu menjadi perwakilan dari pesantrennya apabila ada Olimpiade/perlombaan di Tingkat Provinsi, disamping itu dia juga menjabat sebagai Ketua OSIM Periode 2018/2019.

Terakhir, menurut remaja asli Nagan Raya yang lahir pada tanggal 11 Oktober 2001 ini, setelah selesai pendidikan tingginya nanti dia bercita-cita ingin mengabdi di daerahnya untuk menjadi tenaga pengajar (dosen) dan da’i.[]

Prestasi Ade Sidratul Aminsyah antara lain:

Juara I Lomba Cerdas Cermat Se- Aceh Besar dan Banda Aceh (2017);

* Juara II Lomba Debat Bahasa Arab di UIN Ar-Raniry Banda Aceh (2017);

* Juara II Olimpiade Bahasa Arab Se-Aceh (2018);

* Juara I Olimpiade Nasional Bahasa Arab Se-Indonesia, katagori MA Swasta (2018).

Penulis: Redaksi

Anda mungkin juga berminat

Comments
Loading...