141 Calon Jamaah Haji Nagan Raya Ikut Pengukuran Kebugaran

-- ads --

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM Dinas Kesehatan Nagan Raya melakukan pengukuran kebugaraan kepada 141 calon jamaah haji  sebagai upaya pencegahan penyakit sehingga dapat memenuhi istithaah kesehatan untuk menjalankan ibadah haji, di lapangan alun-alun Suka Makmue, Nagan Raya, Kamis 14 Maret 2019.

Kasie Kesling dan Kesjaur Dinas Kesehatan Nagan Raya, Mairia Ulfah Saniza di Nagan Raya mengatakan sejumlah peserta calon jamaah haji melakukan tes fisik dengan berlari sejauh 1,6 Km, namun bagi calon jamaah haji memiliki riwayat penyakit khusus hanya dianjurkan berlari selama 6 menit saja.
.
“Ini persiapan fisik kalau ibadah haji itukan berhubungan dengan kegiatan fisik jadi menjelang keberangkatan, kita juga harus memastikan calon jemaah haji kita ini dalam kondisi fisik yang sehat,”ujarnya saat ditemui di lapangan alun-alun Suka Makmue.

Capaian yang telah ditempuh calon jamaah haji nantinya akan diberikan penilaian oleh petugas kesehatan apabila ditemukan kondisi fisik yang lemah maka pihak dinas kesehatan akan memberikan konseling kesehatan sehingga calon jamaah haji di Nagan Raya hingga waktu keberangkatan nanti tetap dalam kondisi tubuh yang sehat.

Selain itu, pihak dinas kesehatan juga melakukan pengecekan Indeks Masa Tubuh (IMT) seperti tensi darah, timbangan berat badan dan pengecekan gizi kepada calon jemaah haji tersebut.

Dia juga berharap kegiatan tersebut dapat membantu dan mendukung calon jamaah haji di Kabupaten Nagan Raya sehingga, para peserta haji dapat melaksakan ibadah haji dengan baik dan dengan kondisi tubuh yang sehat.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Nagan Raya, Dedi Apriadi yang dikonfirmasi mengatakan sebelumnya untuk persiapan kesehatan bagi para calon jamaah haji di Nagan Raya pihak Dinkes Nagan Raya melakukan tiga tahap diantaranya pemerikasaan kesehatan, pengukuran fisik dan pembinaan kesehatan.

“Pada bulan Januari lalu sudah dilakukan tahap cek kesehatan di Laboratorium Kesda sekarang pengukuran fisik di Alun-alun dan tahap akhir pembinaan kesehatan diantaranya di Puskesmas Uteun Pulo, Puskesmas Jeuram, Puskesmas Unjong Patihah, Puskesmas Alu Bilie dan Puskesmas Simpang Jaya,”ujarnya.

Dia juga mengatakan pembinaan kesehatan kepada para calon jamaah haji di lima puskesmas tersebut dikarenakan tersedianya dokter yang dapat membantu untuk memeriksa kesehatan para calon jamaah haji.

“Nanti kepada calon jamaah haji yang punya keluhan kesehatan bisa langsung melakukan konsultasi di lima puskesmas tersebut dengan membawa kartu bukti telah terdaftar sebagi calon jamaah haji tahun 2019,”ungkapnya.

Sejauh ini menurut data yang diterima, total calon jamaah haji di Nagan Raya 141 orang, 56 pria dan 86 wanita, dengan usia termuda 39 Tahun sampai yang berusia lanjut berumur 76 tahun.[]

Anda mungkin juga berminat

Comments
Loading...